Sunday, February 18, 2007

22 JAM YANG MENYIKSA

Ceritanya sih sebenarnya udah relatif lama lebih setahun yang lalu tepatnya Desember 2005. Jadi ceritanya aku ama temanku Mujazin ikut tur ICCR untuk yang musim dingin,oh iya, ICCR itu organisasi kebudayaan pemerintahan India yang ngasi bea siswa ke aku makanya bisa terdampar dinegeri Rabindranath Tagore. Memang biasanya setiap tahun ICCR ngadain tur wisata untuk mahasiswa asing yang ada di India sebanyak dua kali, sekali musim dingin dan sekali lagi musim panas. Lumayan murah cuma perlu bayar Rs 2000 ato sekitar Rp 400.000,- kalo kursnya Rp 9000,- bisa jalan-jalan ke daerah-daerah wisata India. Nah aku ama temanku itu dapat paket yang untuk Madhya Pradesh.


Kami di kasih tau untuk ngumpul di Gwalior, Madhya Pradesh pada hari yang udah ditentuin. Nah inilah awal ceritanya dapat siksaan selama 22 jam. Kalo naik kereta api dari Hyderabad ke Gwalior itu kurang lebih sekitar 22 jam. Susahnya waktu itu lagi musim liburan jadinya sulit untuk dapat tiket kereta yang ada bangkunya, kalomo dapat bangku minimal mesti booking dua tiga minggu sebelum tanggal keberangkatan. Yang nambah masalah lagi kami baru dapat kabar kalo kepilih di paket yang Madhya Pradesh cuma sekitar seminggu sebelum berangkat makanya jadi kacau. Jadi mau ga mau dibeli juga tiketnya yang tanpa bangku cuma dapat daftar penumpang cadangan. Terpaksa, abis sayang bisa jalan-jalan murah he...he... biasalah namanya juga pelajar jadi apa aja yang murah pasti disabet.

Jadilah akhirnya kami mesti naik kereta tanpa bangku. Pertamanya sih kirain agak gampang karena waktu aku ke Delhi beberapa bulan sebelumnya juga kejadiannya sama tapi nasib bagus ga lama bisa dapat bangku. Jadi kami nunggu kesempatan dapat bangku sambil berdiri di dekat pintu. Sialnya waktu kondektur kereta memeriksa karcis kami dikirain penumpang gelap dan mo didenda soalnya karcis nyelip ga jelas dimana. Untunglah setelah bongkar-bongkar tas dapat juga tuh karcis jahanam tapi tetap juga ga dapat bangku. Nyoba juga mo nyogok kondektur biar dapat bangku tapi ga berhasil juga bukan karena pak kondektur kebal korupsi tapi karena kalah cepat ama orang lain. Jadilah mesti bertahan terus di depan pintu mana bau lagi, soalnya sebelahnya toilet mana orang situ kalo buang air ga ngert nyiram, bangsat....

Lebih sialnya lagi malam. Namanya juga musim dingin, anginya... wuih udah kayak di kulkas aja perasaannya. Kirain ga gitu dingin soalnya ga ada salju. Kan kalo namanya musim dingin pasti ada salju kayak yang di TV-TV makanya ga bawa selimut.memang udah dibilangin ama kawan-kawan untuk bawa selimut untuk di kereta karena makin ke utara udaranya makin dingin. Tapi dasar batak keras kepala, jadi ga bawa selimut. Lagian gengsi lah masa anak mudanya mesti pake selimut kan kita kuat. Tapi apa dinyana dinginnya, aduh mak!

Trus ada lagi masalah, rokok! Di kereta dilarang merokok sedangkan aku ga tau yang banyakan mana ngepulin asap aku ato kereta apinya. Aku lebih tahan ga makan dari pada ga merokok biasalah namanya juga warga negara penghasil tembakau. Jadi kalo mo merokok mesti sembunyi si kamar mandi sambil nahan bau. Ah dasar sial! Gara-gara rokok ditangkap polisi kereta api. Memang sialnya ga abis-abis. Ketangkapnya sih bukan diatas kereta tapi di peron stasiun Jhansi padahal ku lihat banyak juga yang merokok tapi karena muka melayu jadi ketauan kalo bukan orang India, kesempatan jadinya buat pak polisi nambah uang untuk beli chai. Pertama dia mo denda Rs 1000 tapi aku pura-pura ga tau aja kalo di kereta dilarang merokok, padahal aku tau kalo ketangkap dendanya cuma Rs 500. Jadi terpaksa pakae ilmu turis, pura-pura ga tau. Tapi waktu dia bekeras mo ngedenda Rs 1000 terpaksa agak keras juga. Masakan dikiranya aku ga bisa baca. Dibawanya aku ke pamflet larangan merokok, nah disitu tulisannya denda cuma Rs 500, dianya minta Rs 1000. Jadinya sambil maki-maki polisi sial itu bayar juga denda Rs 500. yah minimal ada pelampiasan emosi bisa maki-maki polisi. Dia sih diam aja soalnya udah dapat uang, bangsat!

Untunglah! Memang orang Indonesia sial juga dibilang untung. Di Jhansi akhirnya dapat bangku walau cuma untuk dua jam. Memang Jhansi cuma sekitar dua jam dari Gwalior. Yah, lumayan bisa ngistirahatkan kaki karena udah capek berdiri, jongkok atau duduk dilantai beralaskan koran dari jam tujuh pagi sampai jam tiga pagi. Tapi ga berani tidur soalnya takut kelewatan stasiun. Dan jam lima pagi sampai juga akhirnya di Gwalior. Dinginnya? Lebih dingin!
Kalo mamakku tau nasib anaknya kayak gini di India, bias nangis dia!

No comments: