Thursday, February 08, 2007

HUSAIN SAGAR

Udah pernah ke India? Kalo blom paling tidakkan udah pernah dengar. Sekarang ini aku sedang belajar di India, tepatnya di Central Institute of English and Foreign Language (CIEFL)-Hyderabad. Tapi sekarang aku ga cerita tentang CIEFL tapi tentang Hyderabad. Waktu pertama kali datang kali datang ke Hyderabad perasaan agak bingung juga karena itu kali pertama aku berada di negeri orang. Kalau liat orang-orangnya sih ga bingung karena di umah juga aku punya beberapa tetangga dan teman keturunan India yang biasa disebut ‘KELENG’. Tapi gitu dengar bahasanya agak bingung karena terasa seperti bahasa dari planet di galaksi antah berantah. Bahasanya bukan seperti bahasa India yang kudengar di TV atau temanku yang ‘keleng bicara’. Bahasanya bukan Hindi, Tamil atau Punjab yang walaupun aku ga tau artinya tapi minimal sedikit akrab di telinga.


Bahasa yang umum dipakai di Hyderabad dan daerah sekitarnya adalah bahasa Telugu. Daerah-daerah yang bicara bahasa ini namanya Telengana di seputaran Andhra Pradesh. Nah, Hyderabad itu ibukotanya Andhra Pradesh yang termasuk salah satu negara bagian di ‘southern region’ India. dulunyyderabad sering dengar namanya tapi yang baru aku tau, rupanya Hyderabad itu kota kembar. Apa yang umum orang tau sebagai Hyderabad adalah gabungan antara Hyderabad dan Secunderabad, nah tempat tinggal ama kampusku itu di wilayah Secunderabad. Sampai sekarang ga bisa juga aku ngomong bahasa ‘planet’ ini mungkin karena lingkunganku biasanya make bahasa Inggris.


Waktu pertama kali disini ada perasaan bosan juga karena selama hampir 2 bulanan ga ada kerjaan, solahnya blom mulai. Jadi kerjaannya ya, kalo ga nonton TV, tidur. Sampe kawanku yang orang Uzbek ngajak ke Husain Sagar. Kirain Husain Sagar itu orang tua yang bisa baca masa depan karena di India banyak orang suci, jadi mana tau si Husain termasuk salah satunya. Tapi rupanya Husain Sagar itu nama danau. Uniknya danau Husain Sagar itu terletak tepat di tengah kota Hyderabad. Memang danaunya kecil kalo dibandingkan Danau Toba karena kalo ga salah garis tengahnya kurang lebih 1 km. Lumayan juga tempatnya untuk nyuci mata karena disekeliling danaunya banyak dibuat patung tokoh-tokoh legenda India dan ciri khas danau itu patung Buddha yang terletak di tengah danau buatan tepat di tengah-tengah danau.


Dari jauh juga patungnya bisa diliat karena besarnya, tingginya lebih 20m. Kalo mo ke pulau itu bisa naik ferry penyeberangan dan kalo punya uang lebih bisa nyewa speedboat sambil keliling-keliling danau. Kalo malas ke patung Buddha bisa juga duduk-duduk di trotoar sekelilingt danau, bukan duduk di bawah kayak gembel yang banyak dimana-mana di India tapi di bangku yang banyak terdapat di sepanjang trotoar. Paling enak ke Husain Sagar sore biar ga kepanasan ato kalo mau sambil makan bisa juga nongkrong di Eat Street di sebelah barat danau. Lumayan sambil liat matahari terbenam bisa milih macam-macam makananmulai dari makanan India sampe makanan import dan nikmati hembusan angin yang lumayan kencang. Cuma siap-siap aja karena kadang anginnya bau ga enak. Sayangnya danau Husain Sagar di pakai juga untuk nyalurin air kotor jadi yah maklumlah!

Sekali dalam setahun ada perayaan hari Ganesha, nah kalo Hyderabad pusat perayaan itu di Husain Sagar. Perayaannya sekitar pertengahan Agustus. Kalo suka kerumunan orang, event ini ga boleh dilewatin karena bisa ratusan ribu orang numplek di Husain Sagar. Ceritanya patung Ganesha yang udah selesain acara ulang tahunnya di pelosok kota di bawa ke Husain Sagar untuk dicemplungi ke danau. Biasanya 2-3 hari setelah acara selesai ikan-ikan yang ada didanau pada bematian karena patung itu banyak kandugan bahan kimianya.
Ada banyak lagi tempat wisata di seputaran Hyderabad kayak Birla Mandir, Golconda Fort, danau Nagarjuna Sagar, Ramoji Film City dan landmark Hyderabad, Charminar.

1 comment:

S Malina said...

woi! akhirnya aku bisa liat blogmu juga. wah bit, kau tulislah cerita pengalamanmu, kirim ke intisari. cari yang unik dan menarik, aku yakin pasti dimuat.