Sunday, April 08, 2007

PIALA DUNIA

Sekarang ini sedang berlangsung Piala Dunia di West Indies atau Trinidad and Tobaggo. Mungkin yang baca tulisan ini akan agak bingung karena umumnya orang tahu kalau Piala Dunia sudah berakhir tahun lalu dan Itali keluar sebagai juara dan Piala Dunia yang akan datang baru akan diadakan tahun 2010.

Tentu saja ini bukan Piala Dunia sepak bola atau Coup Du Monde bahasa kerennya tapi yang sedang berlangsung saat ini di Trinidad and Tobaggo itu Piala Dunia Cricket. Bingungkan! Mungkin untuk kita yang tinggal dan hidup di Indonesia pasti belum pernah melihat ataupun mendengar olah raga yang bernama Cricket. Sama, aku juga belum pernah lihat sebelumnya, kalau dengar nama olah raga ini memang sudah pernah.

Olah raga ini memang umumnya populer di negara-negara Commonwealth atau negara-negara bekas koloni Inggris dan sedikit negara diluar kelompok ini. India seperti layaknya negara Commonwealth, juga salah satu negara dimana Cricket sangat populer bahkan begitu populernya sudah seperti kewajiban untuk setiap warga India untuk menyukai olah raga ini. Para pemain Cricket atau Cricketer India di puja bahkan terkadang melebihi artis-artis Bollywood.

Jika Baseball menjadi “Number One Pass Time in America” maka untuk India, Cricket adalah hiburan pengisi waktu nomor satu. Kalau di Indonesia kemanapun kita pergi paling tidak pasti melihat orang yang sedang main sepak bola maka di India, kemanapun kita pergi pasti kita bisa lihat orang-orang yang sedang main Cricket. Dari dulu sampai sekarang aku belum bisa paham juga dengan peraturan olah raga ini. Kalau dalam baseball atau softball, pemainnya harus memukul bola dan melewati empat base tapi kalau dalam Cricket yang ku lihat setelah memukul bola pemainnya cuma lari mondar mandir.

Kalau ada rekor pertandingan olah raga yang paling lama untuk satu pertandingan. Mungkin pemenangnya pasti Cricket karena satu pertandingan bisa memakan waktu sampai lima hari. Bahkan setelah lima hari masih tetap bisa draw. Gila!

Mungkin kita sering dengar kerusuhan dalam pertandingan sepak bola karena ulah “hooligans” atau di Indonesia terkenal dengan “bonek”. Memang aku belum pernah dengar ada kerusuhan dalam pertandingan cricket tapi kalau demonstrasi sudah pernah dengar. Kalau kerusuhan dalam sepak bola biasanya karena pendukung kesebelasannya tidak puas atau karena sentimen antar supporter. Nah, kalau demonstrasi yang berhubungan dengan Cricket disebabkan karena siaran langsung pertandingan tim nasional India tidak disiarkan di TV, jadinya banayk yang kecewa dan demon ke pemerintah dan stasiun TV.

Ada satu lagi yang aku tidak begitu paham dengan olah raga ini. Seringnya aku mendengar kalau satu pertandingan dinamai “Test”. Nah, kalau terus-terusan tes kapan main yang benarnya?

Dulu aku pernah ngobrol tentang Cricket dengan temanku tapi semuanya pelajar asing jadi ga ada yang paham tentang Cricket. Disitu salah seorang temanku sempat bilang kalau Inggris memperkenalkan Cricket di India untuk membungkam rakyatnya atas penjajahan Inggris. Kalau rakyat India disibukkan dengan pertandingan Cricket yang bisa memakan waktu berhari-hari jadinya mereka tidak sempat untuk memikirkan untuk merdeka. Masuk diakal juga!

Kembali ke Piala Dunia Cricket yang sedang berlangsung di Trinidad and Tobaggo. Sekarang ini India sedang kecewa karena tim nasional India kalah di putaran pertama dimana seharusnya tim India merupakan salah satu tim unggulan. Salah satu berita utama di Piala Dunia ini mungkin bukan pertandingannya tapi kasus pembunuhan pelatih tim nasional Pakistan dikamar hotelnya.

Sebelum Piala Dunia ini berlangsung, salah seorang dosenku sempat bertanya padaku kalau aku tahu tentang Piala Dunia ini. Tapi aku balik bertanya memangnya ada berapa negara yang main Cricket? Dia kemudian bilang kalau negara yang bener-benar main cricket di dunia paling 6 sampai 8 negara tapi untuk Piala Dunia ada 16 negara yang akan bertanding. Kalau dibandingkan dengan Piala Dunia sepak bola pastilah sangat berbeda dimana untuk putaran final ada 32 negara yang bertanding dan yang ikut babak kualifikasi bisa ratusan negara. Oh iya, cerita tentang Piala Dunia sepak bola, mungkin jarang ada yang tahu kalau Indonesia sebenarnya pernah masuk putaran piala dunia tapi dulu tahun 1920an waktu namanya belum Indonesia tapi masih Hindia Belanda.

Kalau Piala Dunia Cricket, yah lumayanlah masih bisa disebut Piala Dunia karenja lebih dari satu negara yang ikut bertanding. Tidak seperti Baseball di Amerika. Mereka menamai putaran finalnya sebagai “World Series” tapi yang bertanding cuma klub baseball Amerika.

No comments: